Kontribusi Branding Produk dan Digital Marketing Terhadap Pertumbuhan UMKM di Kelurahan Karangtengah

Anisya Dellia Safitri, Sugito Sugito

Abstract


Abstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mampu berinovasi jika mereka ingin menumbuhkan basis pelanggan mereka dan bertahan dalam bisnis di dunia kontemporer. Selama wabah Covid-19 tahun lalu, beberapa UMKM mengalami penurunan pendapatan, tidak dapat tumbuh, dan bahkan nyaris gulung tikar. Kondisi tersebut memaksa para pelaku UMKM untuk mempertimbangkan kemampuan mereka untuk bertahan guna menjaga keberlangsungan usahanya. Pergeseran modern dari belanja offline ke online (digitalisasi) akan memudahkan UMKM untuk meningkatkan akses pemasaran. Dampak digital marketing terhadap UMKM sangat besar. Potensi UMKM yang lebih kuat dan berkelanjutan disadap oleh paradigma teknologi baru. Penjualan pelaku UMKM dapat dilakukan melalui media sosial dan toko online. Dalam rangka membangun dan memperluas jaringan pemasaran berbasis teknologi (digital), inisiatif pemberdayaan masyarakat bagi UMKM di Kelurahan Karangtengah bertujuan untuk membantu pelatihan digital marketing. Setelah selesainya pengabdian ini, diharapkan para pelaku UMKM dan pengembangan ekonomi masyarakat di Kelurahan Karangtengah dapat terus bersinergi.

Full Text:

PDF

References


Arianto, B., 2020, Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19, ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, no 2, vol 6.

Raharja, S.J. , & Natari, S.U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361S

Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H., 2019, Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital, Jurnal Ikraith Ekonomika, no 2, vol 2.

Tamtelahitu, T., M., Luturmas, J., Batlajery, V., Sameaputty, C., & Augustyn, A. N. A. (2021).

Pelatihan Teknik Desain Logo Kemasan, Pengemasan Dan Pemasaran Produk Di Kelompok Mama Romi. 4(3). https://doi.org/10.36257/apts.vxix


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.

ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar

Terbit Cetak mulai Juni 2020

Terbit digital mulai Juni 2023