PELAYANAN PROGRAM KALIMASADA DOOR TO DOR DALAM MENERTIPKAN ADMINITRASI KEPENDUDUKAN KECAMATAN TAMBAKSARI, KELURAHAN KAPAS MADYA KOTA SURABAYA

Abdurrohim Abdurrohim, Susi Hardjati

Abstract


ABSTRAK
Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dimana dengan adanya KALIMASDA dapat menertipkan dan mempermudah penduduk dalam pengurusan KK Barcode kawin belum tercatat. Pelaksanaan pengabdian bertujuan untuk mengetahui bahwa pelayanan administrasi kependudukan bisa di atasai dengan program KALIMASADA melalui Door To Door yang dimana petugas kelurahan mendatangi kerumah warga untuk mengupdate administrasi kependudukan sehingga warga tidak lagi mendatangi ke kelurahan bagi warga yang tercatat dalam data KALIMASADA. Yang mana pelaksanan ini menggunakan metode persiapan, pelaksanaan, himbauan dan tanya jawab. Adapun tujuan dalam pelayanana administrasi melalui program KALIMASADA Door To Door agar tercapainya warga dalam penyelesaian administrasi. Hasil yang didapatkan bahwanya pelayanan adminitrasi kependudukan meningkat lebih baik setelah ada nya program KALIMASADA.

Kata Kunci:Pelayanan Masyarakat, KALIMASADA, KK Barcode Kawin Belum Tercatat

ABSTRACK
The City Government of Surabaya through the Office of Population and Civil Registration whereby the existence of KALIMASDA can arrange and make it easier for residents to arrange KK Barcodes for marriage that have not been recorded. The purpose of the community service is to find out that population administration services can be handled with the KALIMASADA program through Door To Door, where village officials come to residents' homes to update population administration so that residents no longer come to the village for residents who are recorded in KALIMASADA data. Which implementation uses the method of preparation, implementation, appeal and question and answer. The goal in administrative services through the KALIMASADA Door To Door program is to achieve residents in administrative settlement. The results obtained were that population administration services improved after the KALIMASADA program.

Keywords: Community Service, KALIMASADA, KK Barcode Marriage Not Registered

Full Text:

PDF

References


Rohman, Didik , Fatkhur ; Imam, Hanafi; Minto Hadi. 2010. “Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang) Didik Fatkhur Rohman, Imam Hanafi, Minto Hadi.” Jurnal Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang 1(5): 962–71.

Pratama, Widyati Octavani, and Donny Maulana. 2022. “Implementasi Program Pelayanan Surabaya.” Seminar Nasional Patriot Mengabdi I Tahun 2021.

Anggela Putri, Setya Nanda. 2022. “Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Dengan Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid Di Kelurahan Nginden Jangkungan.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2): 1112–17.

Tahir, Arifin. 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kota Gorontalo.” Journal of Chemical Information and Modeling 58(12): 1–23. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

UIN Suska. 2008. “Pelayanan Administrasi.” : 49–74.

MAULANA, D. (n.d.). IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN KALIMASADA ADMINDUK DITINGKAT RT KOTA SURABAYA. Retrieved from https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/102


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.

ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar

Terbit Cetak mulai Juni 2020

Terbit digital mulai Juni 2023