Branding Product Rumah Produksi Jamur Pada Paimo Farm Dalam Pengembangan Strategi Pemasaran

Betaria Novila Putri, Dhani Ichsannudin Nur

Abstract


Sebagian besar yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia adalam UMKM, dengan adanya UMKM ini memberikan dampak yang baik pada aspek produksi, nilai perdagangan, maupun tenaga kerja. Banyaknya UMKM yang tersebar maka perlu dilakukannya Branding Product untuk mengembangkan produk agar bisa bersaing dengan produk lain, dan pemilik usaha diarahkan untuk bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi produk supaya UMKM “Paimo Farm” bisa lebih maju dari sebelumnya serta bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data saat kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar ini yaitu dengan metode kualitatif deskriftif serta menggunakan teknik wawancara dan observasi sebagai pelengkap mengumpulkan data primer maupun sekunder. Kegiatan Pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan skill berwirausaha dengan beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan identifikasi, analisa kebutuhan UMKM, branding produk yang meliputi pendampingan digital marketing dan NIB, Perancangan logo, pendampingan kemasan dan foto produk, bekerjasama dengan warung sayur dan pengepul, proses pemantauan, dan yang terakhir adalah menyerahkan laporan. Beberapa langkah diatas diharapkan dapat membantu meningkatkan UMKM “Paimo Farm” dalam mengembangkan produknya sebelum dipasarkan secara luas. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat membantu masyarakat untuk lebih tanggap serta melek mengenai penggunaan media sosial maupun teknologi yang baru dalam melakukan riset pasar sebelum produk dipasarkan secara baik dan efektif. Hasil kegiatan dari pengabdian masyarakat ini diharapkan memberikan manfaat yang berguna bagi masyarakat Kelurahan Ngadirejo.

Full Text:

PDF

References


Rahina Nugrahani (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Imajinasi Jurnal Seni, 9(2), 127-136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846.

DOI: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v9i2.8846

Widiati, Ari. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura) Vol 8 No 6 : 67-76

Sagaf, M., Setiyowati, D., Kusumodestoni, R. H., & Solikhul Hidayat. (2021). Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Jamur Tiram Di Desa Mindahan Kidul Kabupaten Jepara. 6(1), 37–45.

Emilda, Tri Wulandari, Shafiera Lazuarni. (2022). Pendampingan UMKM penjual jamu dalam meningkatkan penjualan melalui kemasan, merk dan label. Jurdimas (Jurnal pengabdian kepada masyarakat) Royal, 5(1), 53-60.

Tanuatmadja, Y., & Raditya, A. (2014). Perancangan Branding” Marilyn’s Cake” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.

Setyawan, N. A., Wibowo, B. Y., & Sagita, L. (2022). Pendampingan Legalitas UMKM PKH Graduasi Melalui Sistem Online Single Submission di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Jawa Tengah. 2(1), 1–9.

Fauzi, R.U.A, D. C. A. Kadi, R. C. Utomo, L. Dewi, dan S.R. Muhtar, (2020) Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu, Kartoharjo Magetan Vol. 1, No. 1

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekac ida/article/view/19/11

Hernawati, H., Jamili, A., & Saputra, D. H. (2019). Pengembangan Usaha Produksi Jamur Tiram Kelompok Wanita Tani Berbasis Wilayah. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1),

Mudiparwanto, W. A., & Gunawan, A. (2021). Peran Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Pemberian Izin Usaha Setelah Berlakunya Sistem Online Single Submission (OSS). DIVERSI: Jurnal Hukum, 6(April), 73–91. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Divers

Framita, D. S., Maulita, D., Ekonomi, F., & Raya, U. S. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 107–118. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254.

Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326–348. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.241

Rosmiah, R., Aminah, I. S., Hawalid, H., & Dasir, D. (2020). BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pluoretus ostreatus) SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN GIZI DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA. Altifani: International Journal of Community Engagement, 1(1), 31–35. https://doi.org/10.32502/altifani.v1i1.3008.

Shintia, R. D., & Amalia. (2017). Analisis Usahatani Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Pertanian, 13(2), 38–49. https://doi.org/10.1017/CBO978110741532 4.004.

Erna Susanti, Dimas Perdana Oskar. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek (Studi Kasus: Pusat Oleh-Oleh Kota Padang). Ikraith Ekonomika, Vol.1 No.2. Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.

ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar

Terbit Cetak mulai Juni 2020

Terbit digital mulai Juni 2023