Implementasi Digital Marketing dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM “Bintang Lestari” di Kelurahan Karangtengah

IKFINA ROSYADA KAMILA, Ugy Soebiantoro

Abstract


Perkembangan teknologi internet adalah salah satu penanda masuknya era revolusi industry 4.0. Di era yang serba digitalisasi saat ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman agar dapat lebih menarik perhatian konsumen dan mempertahankan usahanya. Banyak sekali UMKM mengalami penurunan penjualan dan tidak bisa berkembang bahkan hampir mengalami kebangkrutan selama masa pandemi Covid-19 di tahun lalu. Kondisi tersebut membuat para pelaku UMKM harus berfikir untuk bisa tetap bertahan demi kelangsungan usahanya. Beralihnya pembelian secara offline menjadi online (digitalisasi) di masa modern sekarang akan mempermudah pelaku UMKM dalam memperluas akses pemasaran. Peran teknologi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap UMKM. Strategi yang digunakan dalam menerapkan digital marketing untuk memasarkan produk adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp Business. Tujuan pemberdayaan masyarakat pada UMKM “Bintang Lestari” di Kelurahan Karangtengah yaitu untuk memberikan pendampingan digital marketing sebagai upaya pengembangan pemasaran berbasis digitalisasi. Setelah melakukan pengabdian ini, diharapkan UMKM “Bintang Lestari” dapat lebih berkembang dan berinovasi dalam melanjutkan usahanya demi keberlangsungan UMKM dan pengembangan ekonomi masyarkat.

Full Text:

PDF

References


Arianto, B., 2020, Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19,

ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, no 2, vol 6.

Kaur, Gurneet. (2017). The Importance of Digital Marketing in The Tourism Industry.

International Journal of Research-Granthaalayah, 5(6) 72-77. Diunduh dari

https://www.granthaalayahpublication.org/journals/index.php/granthaalayah/arti

cle/view/IJRG17_A06_387/1877

Saraswati, Erwin. (2019). Strategi Perencanaan dan Biaya Pemasaran yang Efektif bagi

UMKM Mitra Binaan PT. Semen Indonesia. Journal of Dedicators Community,

(3) 97-105. Diunduh dari

https://ejournal.unisnu.ac.id/JDC/article/view/1040/pdf

Tamtelahitu, T., M., Luturmas, J., Batlajery, V., Sameaputty, C., & Augustyn, A. N. A.

(2021). Pelatihan Teknik Desain Logo Kemasan, Pengemasan Dan Pemasaran

Produk Di Kelompok Mama Romi. 4(3). https://doi.org/10.36257/apts.vxi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.

ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar

Terbit Cetak mulai Juni 2020

Terbit digital mulai Juni 2023