IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK UMKM DESA REJOSO

J.A. Jelita Srikandi Pertiwi, Dea Naurotul Jannah, Anisa Tri Kumalasari, Wilma Cordelia Izaak

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi digital serta internet yang semakin berkembang pesat, membuat kegiatan pemasaran yang mulanya hanya dilakukan secara konvensional kini mulai dilakukan secara digital. Melakukan digital marketing merupakan strategi yang dapat dilakukan untuk memperluas jangkauan pemasaran. Namun, terdapat permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Desa Rejoso yakni kurangnya pengetahuan mengenai pemanfaatan atau penggunaan digital marketing sebagai kegiatan pemasaran produk usahanya. Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM mengenai digital marketing sebagai kegiatan pemasaran produk usahanya. Dalam pelaksanaannya kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan metode seminar, diskusi, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terciptanya pemahaman para pelaku UMKM mengenai digital marketing, para pelaku UMKM memiliki akun media sosial dan e-commerce sebagai media untuk melakukan kegiatan digital marketing, dan para pelaku UMKM dapat memiliki kemampuan dalam melakukan digital marketing sebagai strategi dalam memasarkan produk usahanya.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Almizan Gani, A., Y. Soeharso, S., A. Wicaksana, S., & Pia Asrunputri, A. (2019). Pengaruh Psychological Capital Terhadap Readiness to Change Pada Karyawan Penjaga Gardu Tol di Jabodetabek. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 85–96. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2491

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanti, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Sari, R., Sayadi, H., & Komariah, S. (2021). Sosoalisasi Tantangan Usaha Kecil Di Era Digital Pada Pelaku Usaha Kecil Di Kelurahan Kenten Palembang. Suluh Abdi, 3(2), 89–93. Retrieved from https://jurnal.um-palembang.ac.id/suluh_abdi

Sri Wahyudi Suliswanto, Muhammad. Rofik, M. (2019). DIGITALIZATION OF MICRO, SMALL & MEDIUM ENTERPRISES (MSMEs) IN EAST JAVA, INDONESIA. Economics and Business, 2(1), 61–79. https://doi.org/10.1017/CCOL9780521886994.004

Sudirman, E. (2020). Strategi Usaha Kecil Menghadapi Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 142. https://doi.org/10.32502/jimn.v9i2.2554

Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829

Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bisnis Seri Ke-4, 1(1), 195–206.

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal MANAJERIAL, 19(2), 198–209. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.24275


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.

ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar

Terbit Cetak mulai Juni 2020

Terbit digital mulai Juni 2023