UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MASYARAKAT DAN PELUANG USAHA MELALUI SOSIALISASI PENGELOLAHAN BARANG BEKAS DI KELURAHAN NGADIREJO KOTA BLITAR
Abstract
Pengolahan barang bekas menjadi semakin penting dalam masyarakat saat ini karena meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya peningkatan kreativitas masyarakat dan peluang usaha melalui sosialisasi pengelolaan barang bekas di Kelurahan Ngadirejo, Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat, dan pihak terkait di Kelurahan Ngadirejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat tentang pengelolaan barang bekas yang masih kurang. Sebagian besar masyarakat masih memandang sampah sebagai masalah yang harus dihindari dan bukan sebagai sumber potensial untuk menciptakan peluang usaha. Kesimpulannya, peningkatan kreativitas masyarakat dan peluang usaha melalui sosialisasi pengelolaan barang bekas di Kelurahan Ngadirejo dengan melibatkan masyarakat secara aktif dan mengoptimalkan potensi pengelolaan barang bekas.
Kata kunci: Barang Bekas, Peluang Usaha, Kreativitas, Blitar
Abstract
The management of used goods is becoming increasingly important in today's society due to the increasing awareness of the importance of protecting the environment and reducing waste. This study aims to identify and analyze efforts to increase community creativity and business opportunities through the socialization of used goods management in Ngadirejo Village, Blitar City. The research method used is field study, by collecting data through observation, interviews, and documentation. Respondents in this study were the community and related parties in the Ngadirejo Village. The results of the study show that public awareness about the management of used goods is still lacking. Most people still view waste as a problem that must be avoided and not as a potential source to create business opportunities. In conclusion, increasing community creativity and business opportunities through socialization of used goods management in the Ngadirejo Village by actively involving the community and optimizing the potential for used goods management.
Keywords: Used Goods, Business Opportunities, Creativity, Blitar
Full Text:
PDFReferences
Rani Arifah Normawati, Ike Wardani, Shanti, & Widayani, Anna. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 253–261. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4157
Dian Herdiana. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Stiacimahi.Ac.Id, 14(November), 13–25.
Kahfi, Ashabul. (2017). Overview of Waste Management. Jurisprudentie: Department of Law, Faculty of Sharia and Law, 4(1), 12.
Setiorini, Indah Lestari. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Desa Paowan. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 2(1), 53. https://doi.org/10.36841/integritas.v2i1.212
Utama, Adiguna, Wardhani, Shanti Ike, & Normawati, Rani Arifah. (2021). Analisa Potensi Pasar Terhadap Produk Olahan Telur Ditinjau Dari Aspek Permintaan Pasar. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.46510/jami.v2i1.54
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.
ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar
Terbit Cetak mulai Juni 2020
Terbit digital mulai Juni 2023