OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM KERIPIK PARE “ALIFAH” DESA MOJOTENGAH KABUPATEN JOMBANG

Alifia Siska Yuliana, Anisa Tri Kumalasari, Illona Ratna Dewanti, Allya Almuqrhoina Fajri, Febriani Tri Wahyuni, Mu'tasim Billah

Abstract


Pengembangan UMKM diperlukan untuk memperkuat perekonomian, salah satu upaya pengembangan UMKM dapat berupa pengkolaborasian antara digitalisasi dan digital marketing. Penerapan digital marketing pada pelaku usaha banyak menggunakan platform media sosial seperti WhatsApp, Facebook Marketplace, dan Instagram. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan menggunakan beberapa tahapan, yaitu survey dan wawancara, sosialisasi digital marketing, pendampingan penerapan digital marketing, dan evaluasi kegiatan. Survey dan wawancara dilakukan secara door to door kepada pelaku UMKM Keripik Pare “Alifah” dengan melontarkan beberapa pertanyaan seputar latar belakang pendirian usaha, dan kendala yang dialami pelaku UMKM. Setelah dilakukan survey dan wawancara diadakan sosialisasi digital marketing, yang pada materinya dijelaskan mengenai pentingnya penggunaan sosial media untuk pemasaran hingga platform apa saja yang digunakan untuk mengembangkan suatu usaha. Tahapan ketiga dan keempat yaitu dilakukannya pendampingan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan agar dapat meningkatkan skala usaha Keripik pare “Alifah” yang lebih luas sehingga dapat berkembang secara maksimal dengan dibekali pengetahuan dan pemahaman untuk menarik perhatian konsumen.

Full Text:

PDF

References


Hafiizh Tantri, A., Franciska Mey Dina, D., & Kunci, K. (2022). Pemanfaatan Instagram

Dalam Meningkatkan Keuntungan UMKM : Sebuah Tinjauan Pustaka Sistematis (SLR).

Seminar Nasional Sistem Informasi, 2022.

Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). ANALISIS PENGUNAAN

WHATSAPP BUSINESS UNTUK MENINGKATKAN PERJUALAN DAN

KEDEKATAN DENGAN PELANGGAN DI PT SAUNG ANGKLUNG UDJO.

AdBispreneur, 5(2), 193. Retrieved from

https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171

Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (n.d.).

PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM.

Khairul, A., Institut, N., Islam, A., Kerinci, N., Kapten Muradi, J., Liuk, K. S., … Id, A. A.

(n.d.). MEMAHAMI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI

KALANGAN IBU RUMAH TANGGA. Communcications, 5(1), 353–370. Retrieved

from https://doi.org/Communications5.1.4

Priantoro, B. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA

WHATSAPP (STUDI KASUS GARUDA INDONESIA SOLO). Seminar Nasional

Cendekiawan ke (Vol. 5).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha

Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal

Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. Retrieved from

https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Riyanto Wujarson, S. E., & Ak, M. M. (n.d.). GET PRESS GET PRESS GET PRESS Penulis :

(TINJAUAN KONSEPTUAL) (TINJAUAN KONSEPTUAL) (TINJAUAN

KONSEPTUAL) DIGITAL DIGITAL DIGITAL MARKETING MARKETING

MARKETING. Retrieved from www.globaleksekutifteknologi.co.id

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020).

Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten

Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. Retrieved from

https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Shanti Meyske Karim, D., Rahmad Pakaya, A., & Lesmana Radji, D. (2022). Peran Media

Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Tinelo Putri Di Desa Popalo Kabupaten

Gorontalo Utara Kecamatan Anggrek. JAMBURA, 5(2). Retrieved from

http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan

Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal (Vol. 4).

Retrieved from https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-indonesiajanuary-2019-

Susanti, E. (2020). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA

PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA UMKM DI DESA

SAYANG KECAMATAN JATINANGOR. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. Retrieved from

https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.

ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar

Terbit Cetak mulai Juni 2020

Terbit digital mulai Juni 2023