UPAYA OPTIMALISASI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM NIZAM JAYA
Abstract
Penerapan branding dan digital marketing sangat diperlukan untuk mengembangkan suatu usaha di era sekarang. Nizam Jaya, salah satu UMKM yang berada di Desa Ngampungan, belum memiliki branding untuk usahanya dan pemasaran produk yang dilakukan masih secara tradisional melalui warung lokal. Fokus dari pengabdian ini adalah membantu UMKM Nizam Jaya dalam menerapkan branding dan digital marketing bagi usahanya melalui media sosial Instagram dan e-commerce Shopee. Tujuannya yaitu agar Nizam Jaya dapat memiliki branding yang baik serta menerapkan digital marketing untuk pemasaran produknya sehingga usahanya dapat lebih berkembang luas. Metode pengabdian yang digunakan yaitu melalui penyuluhan dan pelatihan branding dan digital marketing serta pembinaan lanjutan untuk Nizam Jaya. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah terciptanya branding Nizam Jaya dengan dibuatnya logo UMKM, label produk, dan foto produk yang berkualitas. Nizam Jaya juga dapat menerapkan digital marketing untuk memasarkan produknya di Instagram dan Shopee melalui akun yang sudah dibuat.
Kata Kunci: Digital Marketing, Branding, UMKM
Abstract
The application of branding and digital marketing is very necessary to develop a business in the current era. Nizam Jaya, one of the MSMEs in Ngampungan Village, does not have branding and product marketing is still done traditionally. The focus of this service is to help Nizam Jaya MSME in implementing branding and digital marketing for their business through Instagram and Shopee. The purpose is for Nizam Jaya to have good branding and implement digital marketing for marketing its products so that its business can grow. The service method is through branding and digital marketing counseling and training as well as further coaching for Nizam Jaya. The results obtained from this service are the creation of the Nizam Jaya branding by creating its logo, product labels, and product photos. Nizam Jaya can also implement digital marketing to market its products on Instagram and Shopee through accounts that have been created.
Keywords: Digital Marketing, Branding, UMKM
Full Text:
PDFReferences
Abdurrazaq, F. & Andriani, M. (2021). Pengaruh Product Placement dalam Drama Korea (Eksplorasi Peran COOI dalam Mendorong Brand Loyalty). Prosiding Forum Manajemen Indonesia FMI Ke-14, 13, 72-73.
Armianto, A., Aprilina, V., Mahmudah, H., & Indratama, A. (2022). Perluasan Cakupan Pasar UMKM Melalui Digital Marketing. Jurnal An-Nizam, 1(2), 181-186.
Candra, E., Suryani, E., & Putra, P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Kue Tradisional Dusun Junti Kaum. An-Nizam, 1(3), 157-164.
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.
Kusuma, V. A., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. (2022). Strategi digital marketing pada usaha mikro dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19 melalui pendekatan pemberdayaan ekonomi rakyat. Jurnal cafetaria, 3(1), 24-35.
Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34-40.
Pramana, W. (2022). IMPLIKASI DIGITAL MARKETING DAN LITERASI EKONOMI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI PROVINSI LAMPUNG MELALUI E-COMMERCE. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(1), 137-142.
Rezky, S. dkk. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Jurnal Abdimas TGD, 1(1), 39-44.
Setiawati, S., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi Membangun Branding bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI, 2(1), 125-136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Notice: Jurnal Sosio Humaniora Sasanti dilindungi oleh hak cipta. Seluruh isi jurnal, termasuk artikel, grafik, dan ilustrasi, merupakan milik jurnal ini kecuali jika dinyatakan sebaliknya. Tidak diperbolehkan melakukan reproduksi, penyimpanan, atau pengiriman ulang isi jurnal ini tanpa izin tertulis dari penerbit.
ISSN 2722-6484 Indexing by Google Scholar
Terbit Cetak mulai Juni 2020
Terbit digital mulai Juni 2023