ANALISIS PENGUKURAN INDEX DAYA SAING INDUSTRI UMKM BATIK CAP UD ANEKA DI PAMEKASAN
Abstract
Batik merupakan salah satu bentuk produk kerajinan asli Indonesia. Saat ini hampr setiap daerah di Indonesia memiliki sentra kerajinan batik, termasuk di wilayah Jawa khususnya Jawa Timur. Sektor UMKM yang berpotensi berperan besar menyumbang dalam pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pendapatan di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui index daya saing, mengetahui bobot faktor dan indikator yang mempengaruhi index daya saing UMKM batik cap di Pamekasan serta memberikan usulan perbaikan berdasarkan hasil analisis dan evaluasi yang telah dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data didapatkan melalui proses wawancara dan survey dengan menggunakan kuesioner, dimana obyek dalam penelitian ini adalah pemilk UMKM batik Pamekasan. Hasil dari penelitian ini adalah Index Daya Saing UMKM Batik Cap UD. ANEKA di Pamekasan sebesar 34.32 %, nilai tersebut termasuk kategori lemah atau kurang.
Kata Kunci: Daya Saing,UMKM,Batik
ABSTRACT
Batik is one form of Indonesian handicraft products. Currently, almost every region in Indonesia has a center for batik, including in Java, especially East Java. The UMKM sector has the potential to play a major role in contributing to economic growth and income distribution in Indonesia, especially in East Java. The purpose of this study was to determine the competitiveness index, to determine the weight of the factors and indicators that affect the competitiveness index of batik stamped SMEs in Pamekasan, and to provide suggestions for improvements based on the results and evaluations that have been carried out. The method used in this research is descriptive quantitative. Data were obtained through an interview process using a questionnaire, where the subject in this study was the owner of Pamekasan batik UMKM. The results of this study are the UD Batik Cap UMKM Competitiveness Index. ANEKA in Pamekasan is 34.32%, this value is categorized as weak or less.
Keywords: Competitiveness, UMKM, Batik
Full Text:
PDFReferences
Cho, Doang Sung., Moon, Wy Chang. (2003). From adam smith to michael porter (evolusi teori daya saing). Salemba Empat.
Dies Nurhayati & Siti Khodijah. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Tulis Di Kota Pasuruan. STKIP PGRI Pasuruan.
Juma'in Appe, Msi. (2020). Panduan Indeks Daya Saing Panduan Indeks Daya Saing Daerah Tahun 2020
Edy Supriyadi, Endang Etty Merawaty, Derriawan, & Fachrudin Salim (2017). Analisis Faktor-Faktor Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil Menengah Di Tangerang Selatan (Studi Kasus: Ikm Sepatu). Universitas Pancasila.
Indah Herlawati, Anang Kurnia & Farit Mochamad Afendi (2013). Penentuan nilai pembobotan dan penduga ragam untuk penarikan contoh bertahap (Studi Kasus : Survei Pra Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Barat di Daerah Pemilihan Kota Bogor).
Irawati, Ira, dkk, (2015). Pengukuran Tingkat Daya Saing Daerah Berdasarkan Variabel Daerah, Variabel Infrastruktur, Sumber Daya Alam dan Variabel Sumber Daya Manusia di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara
Lisbijanto, Herry. (2013). Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Naniek Utami Handayani, Haryo Santoso, & Adithya Ichwal Pratama (2012). Faktor- Faktor Yang Memengaruhi Peningkatan Daya Saing Klaster Mebel Di Kabupaten Jepara. Universitas Diponegoro.
Porter, Michael E. (1990). The Competitive Advantage of Nations. The MacMillan Press Ltd.
Prasetyo,A. 2010 Batik, Karya Agung Warisan Budaya Dunia, Yogyakarta: Pura Pustaka
Saputi, Sirait. (2019). Penghitungan Indeks Komposit Daya Saing Desa/Kelurahan Menggunakan Catpca (Studi Kasus di Provinsi Jawa Timur Tahun 2018). Politeknik Statistika STIS.
Somadi (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Kecil Dan Menengah (Ikm) Gula Aren Di Kabupaten Bandung Barat. Universitas Pasundan.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tambunan, Tulus T.H. (2002). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia, Beberapa Isu Penting. Jakarta: Salemba Empat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.