ANALISIS TINGKAT BEBAN KERJA OPERATOR ASC (AUTOMATED STACKING CRANE) DENGAN METODE NASA-TLX (NATIONAL AERONAUTICS AND SPACE ADMINISTRATION TASK LOAD INDEX) DI PT. TERMINAL TELUK LAMONG SURABAYA

Akmal Suryadi, Mega Cattleya Prameswari Annissaa Islami, Farlian Iqbal Zardi

Abstract


ABSTRAK
PT. Terminal Teluk Lamong merupakan perusahaan dibidang jasa terminal multipurpose dan bongkar muat petikemas curah kering dengan dibekali sarana dan prasarana teknologi terkini semi otomatis pertama di Indonesia. Dengan tersedianya peralatan modern, Tujuan dibangunnya PT. Terminal Teluk Lamong adalah untuk meningkatkan safety, productivity, dan market share yang selama ini dirasakan masih kurang dan bahkan belum terdapat di pelabuhan-pelabuhan beserta terminal-terminal di seluruh Indonesia. Tujuan penelitian ini menganalisis beban kerja mental operator ASC (Automated Stacking Crane) dan memberikan respon teknis perbaikan kinerja operator. ASC (Automated Stacking Crane) bertugas dalam aktivitas bongkar muat container dari area lapangan untuk kemudian diletakkan ke truck atau sebaliknya. Karena pembagian area operator ASC (Automated Stacking Crane) masih belum dikatakan efisien, yang dimana satu operator ASC menjalankan 5 s.d 6 crane yang dimana normalnya di PT. Terminal Teluk Lamong dan ketentuan kemampuan orang Indonesia satu operator ASC (Automated Stacking Crane) menjalankan 3 s.d 4 crane, maka tingkat konsentrasi yang dibutuhkan oleh operator ASC (Automated Stacking Crane) sangat tinggi. Berdasarkan analisis hasil penelitian NASA-TLX menunjukkan bahwa nilai didapatkan rata-rata beban kerja yaitu sebesar 28, dimana nilai tersebut berada pada pada interval 10-29 yang menunjukkan bahwa beban kerja pada operator ASC (Automated Stacking Crane) adalah sedang. Indikator yang paling mempengaruhi beban kerja operator ASC (Automated Stacking Crane) adalah Performansi Kerja (PK) yaitu sebesar 255,5, dan Kebutuhan mental (KM) yaitu sebesar 229,25.

Kata Kunci: Analisa Beban Kerja, Metode Nasa-TLX, Operator ASC (Automated Stacking Crane).

ABSTRACT
PT. Terminal Teluk Lamong is a multipurpose terminal service company of loading and unloading dry bulk containers in Indonesia that is equipped with the latest semi-automatic technology on facilities and infrastructure. With the availability of modern equipment, the purpose of the construction of PT. Terminal Teluk Lamong is to improve safety, productivity, and market share that is still lacking and not even available in ports and terminals throughout Indonesia. The purpose of this study is to analyze the mental workload of ASC (Automated Stacking Crane) operators and provides a technical response to improve operators' performance. ASC (Automated Stacking Crane) operators are assigned to load and unload containers from the field to be placed on a truck or otherwise. Because the placement area of ASC (Automated Stacking Crane) operators are still not efficient, one operator runs 5 or 6 cranes whereas normally in PT. Terminal Teluk Lamong and according to Indonesians capability one ASC (Automated Stacking Crane) operator should run 3 or 4 cranes, therefore the concentration required by ASC (Automated Stacking Crane) operators are very high. Based on the results of NASA-TLX research analysis shows that the average value of workload obtained is 28, where the value is at 10-29 intervals which indicates that the ASC (Automated Stacking Crane) operators' workload is medium. Indicators that most affect the workload of ASC (Automated Stacking Crane) operators are Working Performance (PK) which is equal to 255,5 and Mental Demands (KM) which is equal to 229,25.

Keywords: Workload Analysis, Nasa-TLX Method, ASC Operator (Automated Stacking Crane).

Full Text:

PDF

References


Adelina Simanjuntak, Risma. 2010. “Analisis beban kerja mental dengan metode Nasa-TLX”. Teknik industri, Institusi sains & Teknologi AKPRIND: Yogyakarta.

Amalia Faikhotul Hima, Mahrus Khoirul Umami. 2011 “Evaluasi Beban Kerja Operator Mesin pada Departemen Log and Veeeneer Preparation di PT. XYZ”.

Andiningsih, Pratiwi. 2009. Hubungan Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Kelelahan (Fatigue) pada pengemudi Travel. X-Trans Jakarta Trayek Jakarta-Bandung. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia. Jakarta.

A.S Munandar. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Depok. Penerbit Universitas Indonesia (UIPress).

Bridger, R. S. (2009). Introduction to Ergonomics, Third Edition, USA: CRC Press.

Dewi, P. K. A. (2015). Hubungan Tingkat Risiko Postur Kerja dan Karakteristik Individu Dengan Tingkat Risiko Keluhan Low Back Pain Pada Perawat Bangsal Kelas III di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Grandjean, E. 1993. Fitting the Task to the Man, 4th ed. Taylor and Francis Inc. London.

Hartini. 2000. Materi Kuesioner. www.ilkom.unsri.ac.id/dosen/hartini/materi/VI_ Kuesioner/ (diakses 12 april 2017)

Henry, R. J. 1988. Human Mental Workload. New York, USA: Elsevier Science Publisher B.V.

Iridiatadi, Hardianto, Yassierli 2014, Ergonomi Suatu Penerapan. Bandung: PT. Remaja Sodakarya.

M. Ansyar Bora, S.T., M.T. Dosen Program Studi Teknik Industri, STT IBNU SINA Batam 2016. “Analisis Tingkat Beban Kerja Operator Packing Dengan Metode NASA-TLX (Task Load Index) Di PT. Gembira”.

Menpan. 1997. Definisi Beban Kerja. http://www.bkn.go.id.

Nurmianto, Eko. (2004) Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Teknik Industri-ITS. Surabaya.

Sutalaksana, Iftikar. (2006). Teknik dan Tata Cara Kerja. Departemen Teknik Industri ITB, Bandung.

Syarif, Darman. 2015. Beban Kerja. Theorymanagemendanorganisasi.blogspot.co. id/2015/12/beban-kerja/ (di akses 15 maret 2017).

T.Fariz Hidayat, Sugiharto Pujangkoro, Anizar, 2013 “Pengukuran Beban Kerja Perawat Menggunakan Metode NASA-TLX Di Rumah Sakit XYZ”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.