ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENJUALAN DALAM PEMILIHAN UNIT RUMAH PRIMARY DENGAN METODE SWOT DAN QSPM DI PT.TUMERUS JAYA PROPERTINDO
Abstract
Rumah adalah hal yang sangat krusial dalam kehidupan manusia. Perumahan primary meru-pakan perumahan indent yang dirilis oleh developer mulai 6-36 bulan sebelum lingkungan ter-bentuk. Di era modern seperti ini banyak sekali perumahan primary yang menjadi solusi bagi masyarakat Surabaya maupun Indonesia. Perumahan Primary memiliki sistem pemilihan unit yang unik yaitu dengan sistem NUP(Nomor Urut Pemilihan). NUP diurutkan hanya berdasarkan waktu transfer ke pihak developer saja. Hal yang menjadi latar belakang penielitian ini adalah sistem pilih unit rumah primary yang masih belum sempurna untuk cara bayar dengan tingkat pembatalan rendah yang berujung pada kendala ketidakadilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif startegi pemasaran dan penjualan unit rumah primary menggunakan sistem NUP yang lebih baik dengan analisis faktor internal dan eksternal dengan metode SWOT dan QSPM di PT.Tumerus Jaya Propertind. Metode SWOT(Strenght,Weakness, Opportunity, Threats) digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan dimata pembeli(posisi kuat/sedang/lemah) serta memberikan beberapa alternative solusi, sedangkan metode QSPM(Quantitative Strategic Planning Matrix) digunakan untuk mengurutkan alternative solusi dari metode SWOT dengan mengolaborasikan antara asumsi peneliti dilapangan dengan tanggapan pembeli. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan posisi perusahaan berada dalam kondisi sedang (2,89;2,901)serta menghasilkan 7 alternatif strategi dengan skor tertinggi 3,28 yaitu memperbaiki sistem pilih unit NUP terdahulu berdasarkan prioritas cara bayar yang minim kegagalan.
Kata Kunci: Industri Properti, QSPM, Strategi Pemasaran, SWOT
ABSTRACT
House is a very crucial thing in human life. Primary housing is indented housing released by developers starting 6-36 months before the environment is formed. In this modern era, there are a lot of primary housing which is a solution for the people of Surabaya and Indonesia. Primary housing has a unique unit selection system, namely the NUP (Election Serial Number) system. NUP is sorted based on transfer time to the developer only. The background of this research is that the system for selecting primary housing units is still not perfect for how to pay with a low cancellation rate which results in injustice constraints. This study aims to determine the alterna-tive marketing and sales strategies for primary housing units using a better NUP system by ana-lyzing internal and external factors using the SWOT and QSPM methods at PT.Tumerus Jaya Propertind. The SWOT method is used to determine the position of the company in the eyes of the buyer (strong / medium / weak position) and provide several alternative solutions, while the QSPM(Quantitative Strategic Planning Matrix) method is used to sort alternative solutions from the SWOT(Strenght,Weakness, Opportunity, Threats) method by collaborating between the as-sumptions of researchers in the field with the buyers' responses. The conclusion from this research is that the company position is in a moderate condition (2.89; 2.901) and produces 7 alternative strategies with the highest score of 6.83, namely changing the system to select the previous NUP unit based on the priority of low-failure payment methods.
Keywords: Industry of Property, Marketing Strategic, QSPM, SWOT.
Full Text:
PDFReferences
Aini, R. (2020).”Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Produk dengan Metode Analisis Matrik SWOT” Jurnal Teknik Inndustri. Universitas Muhammadiyah Malang
Baroto, Teguh dan Chandra Purbohadiningrat. (2014). “Analisis Strategi pengembangan bisnis PPOB KIPO menggunakan analisis SWOT dan QSPM”. Jurnal Teknik Inndustri. Universitas Muhammadiyah Malang.
David, Fred R. (2011). Manajemen Strategis Jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta: Salemba Empat
Dharmesta, Swastha., dan T Hani Handoko. (2013). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen Edisi I. BPFE -YOGYAKARTA: Yogyakarta.
Fahmi, Irham. (2013). Manajemen strategi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: AlfabetaFatimah,
FajarNur‟aini Dwi. (2016). Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Quadrant
Hubies, Musa dan Mukhamad Najib. (2014). Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi.PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia:Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Score Card. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Subhan, A., & Peratiwi, M. (2017). “Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode Analisis Matrik Bcg, Swot Dan Benchmarking Pada Perusahaan Rubby Hijab” .Journal Industrial Servicess,3(1c).
Tyas, S. K., & Chriswahyudi, C. (2017). “ PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN MATRIK IE, SWOT DAN AHP UNTUK MENDAPATKAN ALTERNATIF STRATEGI PRIORITAS”. Prosiding Semnastek.
Refbacks
- There are currently no refbacks.